Sabtu, 19 Januari 2013

Pendaftaran Akmil 2013

PENERIMAAN TARUNA AKMIL TA 2013

  1. PERSYARATAN UMUM
a.    Warga Negara Republik Indonesia.
b.    Beriman da bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
c.    Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun1945.
d.    Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 1 Agustus 2013.
e.    Sehat jasmani dan rohani.
  1. PERSYARATAN LAIN
a.    Pria/Wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.
b.    Berijazah SMA/MA atau yang setara, program IPA dengan ketentuan nilai UAN:
1.    Lulusan tahun 2010, nilai rata-rata tidak kurang dari 6,5 (dari 10 mata pelajaran) dan bagi calon yang menggunakan kacamata / lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 7,5.
2.    Lulusan tahun 2011, nilai rata-rata tidak kurang dari 7 dan tidak ada nilai dibawah 6 (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) dan bagi calon yang menggunakan kacamata / lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 8 dan tidak ada nilai dibawah 7.
3.    Lulusan tahun 2012, nilai rata-rata tidak kurang dari 7,25 dan tidak ada nilai dibawah 6 (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) dan bagi calon yang menggunakan kacamata / lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 8,25 dan tidak ada nilai dibawah 7.
4.    Khusus bagi calon putra asli Papua dan Papua Barat nilai akhir rata-rata minimal 6 (gabungan dari nilai UN dan nilai sekolah).
5.    Lulusan tahun 2013 akan ditentukan kemudian.
c.    Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan.
d.    Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
e.    Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
f.     Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
g.    Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/Wali dan ditetapkan oleh Kecamatan setempat.
h.    Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.
1.    Administrasi.
2.    Kesehatan.
3.    Jasmani.
4.    Wawancara.
5.    Psikologi.
6.    Akademik.
  1. PERSYARATAN  TAMBAHAN.
a.    Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/ adat.
b.    Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung. Apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti Pendidikan Pertama.
  1. CARA PENDAFTARAN.
Calon datang sendiri ketempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan foto copy dilegalisir:
    1. Kartu kewarganegaraan (bagi keturunan WNA).
    2. Akte kelahiran/surat kenal lahir.
    3. KTP calon dan KTP orang tua/ wali.
    4. Kartu Keluarga (KK).
    5. STTB SD, SMP/Tsanawiyah, SMA/MA berikut NUAN.
Bagi calon kelas III SMA/MA:
  1.  
1.    Melampirkan raport kelas I s.d. III semester I.
2.    Melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon tersebut terdaftar sebagai peserta UN.
5. TEMPAT PENDAFTARAN :
a.    Ajen Kodam
b.    Ajen Korem
c.    Kodim
  • PENDIDIKAN SELAMA 4 TAHUN DI AKADEMI MILITER MAGELANG DI BIAYAI NEGARA.
DILANTIK MENJADI PERWIRA TNI AD DENGAN PANGKAT LETNAN DUA DAN DIBERI GELAR S.ST.Han.

66 komentar:

  1. saya mau taxa bagaimana dengan yang ijazahnya paket c,,, apakah bisa masuk akmil juga ,,,,?
    tank's info.a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah baca di brosur seperti ini "SMA/MA/Sederajat, Jurusan IPA, bukan paket C" tapi untuk tahun 2013 mungkin ada perubahan.

      Hapus
  2. kapan buka pendaftarannya??thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 februari - 28 Maret . terimakasih kembali.

      Hapus
  3. bagaimana dengan anak IPS... apakah bisa..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tau memang tidak bisa, tapi untuk lebih jelasnya anda bisa menanyakannya di website akmil www.akmil.ac.id

      Hapus
  4. bagaimana kalau umurnya krang dari 17 tahun 9 bulan di tgl 1 agustus 2013...?

    BalasHapus
  5. berarti anda harus menunggu tahun depan

    BalasHapus
  6. mau tanya kalo dari jurusan ips kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu juga yang masih jadi pertanyaan saya. Lebih baik anda menanyakannya di www.akmil.ac.id

      Hapus
  7. saya mau tanya itu kan di sebutkan "tidak ada nilai dibawah 6 (gabungan nilai UN dan nilai sekolah" itu untuk hasil penggabungan nilai un dan akhir saja atau semuanya, soalnya tahun 2012 ada 3 nilai : nilai akhir, nilai un, dan nilai gabungan. yang tidak boleh ada nilai di bawah 6 itu suma pada nilai gabungan saja atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai gabungan UAN dan Sekolah (nilai akhir) tidak boleh dibawah 6 dan rata-rata 7.25

      Hapus
    2. untuk yg IPS rata-rata minimal 8.00

      Hapus
    3. kalo tahun 2012 rata" nya 7,00 kan minimalnya? terus kalo gitu semisal kalo nilai akhir/ gabungannya ngga ada nilai dibawah 6, tapi ada salah satu nilai un/nilai sekolah yang di bawah 6 apa tetep bisa daftar?

      Hapus
    4. oya yan rata" 7,25 itu nilai rapor atau nilai un nya?

      Hapus
  8. Kalau lulusan S1 apa bisa daftar mas? dan waktu pendaftarannya kapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau umur anda tidak lebih dari 22 pada tanggal 1 agustus bisa saja, tetapi anda memakai ijasah SMA

      Hapus
  9. kalau lulusan smk boleh daftar juga tidak pa?

    BalasHapus
  10. Assalammualaikum ..

    Pak, bagaimana dengan jurusan IPS apakah bisa mendaftarkan diri ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa de. tapi untuk tahun depan panitia pun msh kurang tahu ditiadakan atau tidak untuk jurusan IPS. karna sempat ada berita bahwa akmil untuk yang jurusan IPS hanya ada 4 thn sekali. tapi jgn berkecil hati, berdoa saja, semoga tahun depan masih ada.

      Hapus
  11. bang. ini daftarnya lewat online dlu yaa. baru temui ajen setempat. gitu ya ?

    BalasHapus
  12. tinggi saya 165 berat saya 58 . apa bisa masuk akmil ?

    BalasHapus
  13. tinggi saya 165 berat saya 58 . apa bisa masuk akmil ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, masalah proporsionalnya berat badan atau tidak, panitia nanti yg akan menguji.

      Hapus
  14. Saya lulusan SMK jurusan TKJ (Tekhnik Komputer Jaringan) sedangkan persyaratannya jurusan IPA ,,, apakah Saya bisa daftar jadi TARUNA AKMIL TNI AD ,,,,,,,???? Terimakasih,,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja bintara nya mas..

      Hapus
    2. kalo tidak ada bintaranya gimana pak?

      Hapus
  15. pak bagaimana kalau kita masi kls 3SMA apakah ada persyaratan tertentu untk ikut akmil

    BalasHapus
  16. pak bagaimna kalau nilai rata2 kita tidak mncapai rata2 untk ips yg mau masuk akmil,apa benar2 tidak bisa ? APA ada solusi lain ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, tapi anda masih bisa mnjd tentara dgn mendaftar caba atau catam

      Hapus
  17. assalamu'alaikum
    maaf sebelumnya saya mau tanya.
    yang saya dengar dengar katanya persyaratan jika ingin masuk akmil harus sarjana? apakah benar pak?
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin anda salah informasi, akmil menggunakan ijazah SMA dan umur maksimalnya 22 thn pada saat 1 agustus ketika pembukaan dikma, untuk sarjana ada yg namanya PA PK, Perwira Prajurit Karier, sama saja dgn akmil, lulus dilantik mnjd letnan dua dan pendidikannya pun hanya 7-8 bulan, pendaftarannya dibuka bln september di kodam setempat. Informasi lebih lanjut, silahkan lihat di http://rekrutmen-tni.ilmci.com

      Hapus
  18. kenapa alamat ini http://rekrutmen-tni.ilmci.com tidak bisa dibuka mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin sempat ada gangguan, tapi sudah di perbaiki kok, kalau tidak bisa, coba saja lagi atau coba di warnet.

      Hapus
  19. kenapa web pendaftaran tidak bisa diakses?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin sempat ada gangguan, tapi sudah di perbaiki kok, kalau tidak bisa, coba saja lagi atau coba di warnet.

      Hapus
  20. alamat rekrutmen-tni.ilmci.com kenapa gak bisa dibuka kak??

    BalasHapus
  21. kalau perokok masih bisa masuk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tapi kurangi ya merokoknya..

      Hapus
  22. kalau dari sekolah SMK bisa masuk nggak ..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMK coba bintaranya saja, karna akmil hanya untuk SMA IPA/IPS

      Hapus
  23. gelombang kedua kira2 kapan dibuka lagi ya ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akmil sama halnya seperti kuliah, todak ada gelombang kedua.

      Hapus
  24. Selamat siang pak erwin.
    Untuk lulusan sarjana, kapan dibuka pendaftarannya pak??
    Terimkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bulan September setiap tahunnya. silahkan kunjungi: rekrutmen-tni.ilmci.com

      Hapus
  25. selamat malam pak,
    maaf mengganggu,
    saya mau bertanya,
    saya lulusan D3 KESEHATAN LINGKUNGAN,
    penerimaan TNI (AKMIL) TAHUN 2013 kapan pembukaan ya ?
    terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKMIL dibuka pada bulan Februari-Maret setiap tahunnya. Terimakasih Kembali.

      Hapus
  26. asalamualaikum..

    kenapa kami dari lulusan smk tidak bisa masuk akmil???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena Akmil pendidikan untuk calon pemimpin2 tni nantinya. oleh karena itu diambil dari putra-putri yg berlatar pendidikan Umum.

      Hapus
  27. Assalamualaikum

    Mf pak, saya mau bertanya beberapa hal tolong di blz ya...

    pak saya mau tanya nih....
    :
    1. Bagaimana kalau Akta kelahiran saya dari papua lalu saya daftar di jawa, apa harus meminta diliganisir ?

    2.bagaimana kalau jari tangan saya bengkok , apakah bisa masuk tentara ?

    3. dan untuk gaya renangnya bagaimana ?

    4. dan apakah di perlukan Raport SD untuk daftar Tni ? Bagaimana kalau Raport nya Hilang ?

    5. Apakah piagam penghargaan seperti Lomba Lintas Alam dan Beladira itu bisa untuk daftar jadi TNI ?

    Somoga bapak mau menjawab / membalas pertanyaan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pada saat tes nanti, anda akan diminta potocopy akte dsb dilegalisir. Anda harus meminta legalisir ke daerah asal sebanyak mungkin. Jika anda ingin mendaftar thn 2014, silahkan anda legalisir ditahun 2014, jgn 2013.
      2. Kalau jaritangan anda bengkok karna kecelakaan mungkin tidak bisa, tapi lebih baik anda mencoba dahulu agar nanti anda mengetahui yg sebenarnya.
      3. bebas gaya, bukan gaya bebas.
      4. ya, jika anda lanjut tahap psikologi anda akan diminta raport dari SD-SMA. Silahkan mengurusnya terlebih dahulu, lebih baik dari skrg.
      5. ya, sertakan saja ketika anda mendaftar online dan dibawa ketika anda diminta untuk verifikasi/daftara ulang

      Hapus
  28. Wanita , dari SMA biasa, dari IPS apakah masih bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun 2014 nanti hanya menerima untuk jurusan IPA, kalau anda wanita, SMA jurusan IPA anda bisa mendaftar.

      Hapus
  29. Permisi min,saya mau nanya knp tamatan SMK tdk bisa msk AKMIL?apakah cita2 saya yg ingin masuk AKMIL terhalang hanya karna saya tamatan SMK??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk SMK memang diperuntukkan kpd individu yg siap kerja, anda bisa mendaftar bintara dngn pndidikan hanya 8 bln. Jika anda ingin menjadi perwira, anda bisa mengikuti Secapa nantinya.

      Hapus
  30. assalamualaikum kak erwin saya mau nanya....mulai pendaftarankan 4 februari - 28 Maret..... trus kpan d test Administrasi. Kesehatan.Jasmani.dll...mohon penjlasannya terimakasih

    BalasHapus
  31. selanjutnya akan diarahkan oleh panitia.

    BalasHapus
  32. Bang saya sudah merokok dari sejak smp tapi merokok nya itu tidak kecaanduan skrang udah klas 3 SMA, udah satu bulan ini saya berhenti merokok. Apakah bisa keterima masuk AKMIL?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bisa masuk akmil bukan hanya karna tidak merokok, meskipun anda tidak pernah merokok sama sekali belum tentu anda lulus. Lebih baik mencoba.

      Hapus
  33. saya masih kelas 1 SMA. saya baca2 kalo nilai minimal buat daftar dari tahun ke tahun naik terus ,, apa itu akan naik terus setiap tahunnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan iya, persiapkan saja dari sekarang karena bukan hanya nilai UN saja yang dilihat tetapi juga nilai rapor anda dari SD sampai SMA

      Hapus
  34. disini jurusan IPS sudah bisa sebagai persyaratan tahun 2013 yg benar yg mana link = http://ad.rekrutmen-tni.ilmci.com/akmil/halaman/berita/persyaratan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tahun 2013 kemarin panitia memang membuka untuk jurusan IPA dan IPS, tetapi untuk tahun 2014 hanya IPA. Silahkan anda buka kembali linknya http://ad.rekrutmen-tni.ilmci.com/akmil/halaman/berita/persyaratan.html

      Hapus